Jumat, 31 Mei 2013

Telur Asin Aneka Rasa

  
Sebagai bahan makanan, telur bebek tentu mempunyai beberapa kelebihan. Telur bebek mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, rasanya enak, mudah dicerna, menimbulkan rasa segar dan kuat pada tubuh serta dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan. Dalam telur bebek khususnya, protein lebih banyak terdapat pada bagian kuning telur yaitu 17 %, sedangkan bagian putihnya 11 %. Protein telur bebek terdiri dari ovalbumin (putih telur) dan ovavitelin (kuning telur). Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat.
  Pemasaran adalah kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penyampaian barang-barang dan jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen. Tujuan pokok pemasaran adalah memenuhi permintaan pasar.
  Untuk memenuhi permintaan pasar, kebutuhan konsumen dan untuk mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya Telur bebek layak untuk dipasarkan mengingat banyaknya manfaat yang dapat di peroleh dari telur bebek, tapi dikarenakan tidak adanya strategi-strategi pemasaran yang  jelas dan  tepat sasaran, dan lemahnya pengelolaan manajemen pemasaran, sehingga banyak pengusaha telur bebek berhenti pada saat pemasaran. Untuk itu Agar telur bebek bisa dipasarkan secara baik dan laku dipasar kita perlu strategi-strategi pemasaran yang jelas dan tepat sasaran dan juga sistem pengelolaan manajemen pemasaran yang baik.
              Adapun manfaat yang diperoleh dari pemasaran telur bebek ini adalah sebagai berikut :
1.    Bagi konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan dan dapat memenuhi zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.
2.    Bagi produsen untuk dapat meningkatkan pendapatan.
3.    Bagi pemasar untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
4.    Sebagai bahan informasi dalam mengetahui strategi pemasaran bagi yang memasarkan telur bebek.
5.    Sebagai bahan pertimbangan bagi yang memasarkan telur bebek dalam mengambil kebijakan pemasaran
       Unsur utama dalam proses manajemen pemasaran telur bebek adalah rencana dan strategi pemasaran. Perencanaan pemsaran dilakukan di 3 level pemasaran: level unit bisnis, level divisi dan level produk. Perencanaan meliputi perencanaan stratejik dan taktis. Perencanaan stratejik dilakukan di unit bisnis. Perencanaan stratejik meliputi definisi visi dan misi pemasar, perencanaan portofolio bisnis, perencanaan sumber daya untuk tiap unit bisnis telur bebek.  Perencanaan stratejik memberikan kerangka utama dalam perencanaan keseluruhan pemasaran. Perencanaan stratejik merupakan arah bagi semua gerak langkah usaha pemasaran telur bebek. Perencanaan stratejik itu kemudian diterjemahkan ke dalam rencana taktis di level divisi dan level produk. Perencanaan taktis di tingkat divisi dan produk meliputi perencanaan tentang segmentasi, targeting dan positioning serta rencana bauran pemasaran (4P, product, price, place and  promotion strategy) untuk masing-masing divisi/produk.
              Dalam kondisi lingkungan  yang senantiasa berubah dan tingkat persaingan dalam merebut pangsa pasar semakin ketat. Upaya pemasaran telur bebek merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu usaha produksi telur bebek, termasuk agribisnis. Kegiatan pemasaran dapat menjadi sumber kegagalan bagi produsen dan atau menjadi tempat pemborosan jika tidak direncanakan dengan baik. Banyak pengusaha agribisnis, terutama yang berskala menengah ke bawah sering kali mengalami kesulitan dalam menyusun Program Pemasaran secara formal, sehingga produk yang dihasilkan tidak mampu mencapai pasar sasarannya. Rencana pemasaran adalah bagaimana seorang produsen  dapat mencapai tujuan pemasarannya melalui sistem pemasaran yang dibentuk oleh komponen eksternal, internal, umpan balik dan wirausahawan (pelaku bisnis).
              Interaksi dari keempat variabel utama dalam sistem pemasaran, yaitu : produk dan jasa, Penetapan harga, saluran distribusi dan aktivitas promosi Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:
1.    Product : pada hakikatnya, seseorang membeli produk bukan karena fisik produk itu semata-mata tapi karena manfaat yang ditimbulkan dari produk yang dibelinya. Pada dasarnya, produk yang dibeli konsumen itu dapat dibedakan atas tiga tingkatan, yaitu :
a.    Produk inti (core product), merupakan inti yang sesungguhnya dari produk yang ingin diperoleh oleh seorang pembeli (konsumen) dari produk tersebut.
b.    Produk formal (Formal Product), merupakan bentuk, model, kualitas/mutu, merek dan kemasan yang menyertai produk tersebut.
c.    Produk tambahan (ougemented product), merupakan tambahan produk formal dengan berbagai jasa yang menyertainya.
2.    Price : Dalam menentukan harga harus depertimbangkan berbagai hal, misalnya tujuan penentuan harga tersebut, hal ini disebabkan dengan diketahuinya tujuan penentuan harga tersebut menjadi mudah.
3.    Place : Penyaluran merupakan kegiatan penyampaian produk ke tangan konsumen atau si pemakai pada waktu yang tepat. Yang dimaksud dengan saluran distribusi adalah lembaga-lembaga yang memasarkan produk berupa barang atas jasa dari produsen sampai ke konsumen.  
4.    Promotion: promosi lebih kepada menawarkan access/chanel kepada pembeli penyajian atau secara lisan dalam pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar dapat terealisasinya penjualan. Pengembangan dan penyebaran komunikatif persuasif tentang desain tawaran untuk menarik konsumen.
              Telur asin yang sering dijumpai di pasar tradisional atau supermarket merupakan produk asli masyarakat Indonesia yang dikerjakan secara Home Industry (Industri Rumahan). Rasanya yang khas dan gurih sangat disukai masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak dan gurih, telur asin sering digunakan sebagai obat diare atau sakit perut dan tambah darah.

              Inovasi baru pengolahan telur asin aneka rasa akan  menjadi sebuah peluang usaha baru. Usaha telur asin aneka rasa perlu dibuat, selain untuk menambah variasii baru, telur asin yang beraneka ragam  juga untuk memenuhi asupan gizi, terutama bagi orang yang tidak menyukai telur dengan rasa asin. Telur asin yang ada di pasaran saat ini terkadang kadar keasinannya tidak tentu, sehingga kadang konsumen merasa enggan untuk membeli telur asin.
              Usaha pembuatan telur asin sangat menjanjikan karena peminatnya cukup besar. Produk telur asin masih bisa dikembangkan dalam berbagai rasa dan aroma, seperti rasa bawang, rasa coklat, dan rasa udang. Aneka rasa telur asin bisa menambah keanekaragaman makanan khas yang bisa diproduksi sesuai permintaan pasar.
              Luaran yang di harapkan dari usaha telur asin aneka rasa ini adalah produk telur asin aneka rasa yang bermutu tinggi, awet, dan tahan lama yang mempuyai cita rasa yang khas dan enak, serta memiliki nilai jual lebih tinggi di masyarakat, yang nantinya akan berdampak pada terciptanya hubungan kemitraan dengan para peternak bebek dengan perusahaan pengolahan telur asin aneka rasa, dengan demikian telur bebek dari peternak bisa langsung terjual tanpa harus di bawa ke pasar dan sebagainya. sehingga memunculkan peluang wirausaha baru yang bisa dikembangkan oleh masyarakat.
  Dalam pembuatan telur asin aneka rasa (coklat, udang dan bawang), alat dan bahan yang di butuhkan yaitu telur bebek, coklat bubuk, bawang, udang, garam, batu bata halus, blender, jarum suntik, tusuk gigi, serbet, baskom (ember besar), stempel, dan ayakan.
  Menurut McCarthy ddk (1998) setiap langkah yang dilakukan dalam mempormulasikanstrtegi pemasaran harus diorientasikan pada upaya untuk mencapai kepuasan pelanggan.Kepuasan pelanggan merupapakan kunci utama dari konsep pemasaran dan strategi pemasaran. Ini berarti bahwa proses yang ditempuh oleh setiap pihak boleh jadi bermacam-macam sesuai dengan kesanggupan dan karakteristik masing-masing tetapi tujuan akhirnya tetap akan bermuara pada tercapainya kepuasan konsumen.
  Tiga langkah utama di dalam pengembangan strategi pemasaran, yaitu:identifying and evaluating opportunities (mengidentifikasi dan menilai peluang). analysing market segments and selecting target markets (menganalisis segmen segmen pasar dan memilih pasar sasaran) planning a marketing mix strategy that will satisfy customer’s needs and meet the objectives and goals of the organisation (merencanakan strategi bauran pemasaran yang akan memuaskan kebutuhan-kebutuhan pelanggan dan sesuai dengan tujuan pemasar.
              Cravens (1994) berkomentar bahwa dalam langkah kedua, disamping menganalisis segmen pasar dan memilih pasar sasaran, adalah sangat penting bagii perusahaan untuk menentukan positioning strategy (strategi penempatan pasar). Maksudnya, dalam langkah kedua tersebut pihak pemasar harus menentukan posisi produknya di pasaran, bagaimana produk dan atau merk yang ia ciptakan akan dipersepsikan dan diposisikan oleh para konsumen.
  Strategi yang sesuai untuk memasarkan telur bebek  di pasar yaitu sebagaii berikut :
1.    Trend dan pertumbuhan industri
              Agar suatu produk dapat dipasarkan dengan baik maka kita harus bisa membuat sebuah produk yang unik, telur bebek asin sudah mengalami perkembangan di pasaran. Akan tetapi usaha tersebut laris atau tidaknnya ditentukan oleh keunikan produk dan cara pemasaran pada produk tersebut,  Untuk telur bebek kita dapat mengasinkannya terlebih dahulu kemudian merebusnya dan kita juga bisa membuat telur bebek asin aneka rasa.
              mengingat setiap konsumen memiliki perbedaan selera terhadap telur bebek maka produsen bisa menciptakan produk telur bebek asin aneka rasa yaitu rasa bawang, rasa udang, dan rasa coklat, dengan kualitas yang baik dan menciptakan merek serta membuat kemasan yang unik untuk mengemas telur bebek tersebut agar konsumen dapat membedakan dari 3 jenis telur bebek asin rebus tersebut. Dalam pengemasannya kita dapat mengunakan kertas plastik mika putih, selain itu juga, didalam kemasan terdapat kertas putih kecil yang dapat memberikan informasi tentang tanggal kadarluarsa dan nama produk. Disamping itu kita juga bisa memasarkan telur bebek yang belum direbus hanya diasinkan saja dan yang tidak diasinkan.
        Untuk memenuhi standar kualitas telur, kita harus bisa menjalin mitra dengan peternak telur bebek di sekitar. kita memberi modal, baik berupa bibit bebek atau uang untuk membeli pakan. Tentu saja, para mitra itu nanti harus menyetor telur bebek ke usaha telur asin milik kita. Dalam proses pengasinan pun, kita harus menggunakan bahan-bahan pilihan, dan terjamin kebersihannya.

2.    Gambar pasar, ukuran dan tren pasar
              Agar dapat bertahan dengan bisnis yang kita lakukan kita dapat menentukan harga yang sesuai dengan yang diinginkan konsumen tapi kita juga harus bisa memaksimalkan laba dari pemasaran tersebut, dan kita harus bisa memperbesar pangsa pasar dengan mutu produk yang bagus agar dapat bersaing dengan produk lainnya. Harga telur-telur bebek tersebut kita bisa membedakan dalam memasarkannya, Harga telur bebek yang sudah direbus sama yang belum direbus harganya tidak sama, yang sudah direbus harganya lebih mahal dari pada yang belum direbus. Dan telur bebek asin aneka rasa lebih mahal dari pada telur bebek asin yang tidak ada aneka rasanya.

3.    Menentukan peluang strategis
              Di daerah kita belum begitu banyak yang mengusahakan telur bebek asin rebus dan yang beraneka rasa, sehingga pesaingnya pun masih sedikit, munculnya usaha telur bebek asin rebus dan aneka rasa seperti ini akan memberikan image tersendiri bagi masyarakat. Usaha telur asin mempunyai tren pasar yang cenderung stabil dan tidak berubah-ubah. Meskipun harga-harga produk lain mengalami kenaikan telur bebek asin tetap masih exist di pasar.
  Tak hanya membenahi pasokan telur dan proses pengasinan, kita juga harus bisa mencermati pasar telur asin yang mengenal musim sepi. Nah, di saat pasar sedang sepi, lantaran pasokan telur asin berkurang, kita bisa segera memasok telur asin dan aneka rasa buatan kita dalam jumlah besar.

4.    Target pasar
        Target pasar usaha telur bebek asin dan aneka rasa ini ditujukan untuk masyarakat menengah kebawah. Cara untuk mencapai target tersebut agar masyarakat mengetahui telur bebek asin rebus dan aneka rasa ini dan membelinya, Kita dapat melakukan promosi telur bebek asin dan aneka rasa ini yaitu Dengan mendatangi langsung ke tempat calon konsumen dan menawarkan produk, Promosi melalui media sosialita contohnya Facebook dan Twitter, dan Membuat iklan di surat kabar, dan dapat menitipkan sampel pada warung-warung, mini market, dan swalayan.
              Selain itu, promosi dapat dilakukan secara langsung dari orang ke orang, dengan cara pemberian gratis telur  asin kepada konsumen untuk mencoba Pangsa pasar dari produk telur asin aneka rasa ini sangat luas hanya diperlukan inovasi dan pengelolaan yang lebih profesional untuk meningkatkan jumlah penjualan produk telur asin aneka rasa.


5.    Karakteristik pasar
  Telur bebek asin rebus dan aneka rasa merupakan lauk yang mengandung protein dan praktis. Orang tidak perlu menggoreng atau susah-susah memasaknya, hanya tinggal membuka kulitnya dan dimakan saja. Sehingga telur bebek asin rebus sangat cocok untuk lauk yang memenuhi kebutuhan protein tubuh kita.
  Kesulitan yang dihadapi dalam pembuatan telur asin aneka rasa (cokelat, udang dan bawang) ini terletak pada metode penyuntikan ekstrak rasa dan pengeraman. Kegiatan produksi dimulai dari menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan yang dilanjutkan dengan memeriksa dan membersihkan telur yang akan diasinkan (retak/tidak), menyiapkan larutan garam, membuat adonan/medium pengasinan (batu bata halus danak larutan garam).
              Solusi yang paling tepat untuk mengatasi resiko pecah telur ketika penyuntikan ekstrak rasa di atas adalah dengan cara lebih berhati-hati dan memilih telur yang kualitas baik untuk dijadikan produk telur asin aneka rasa, pelaksanaan pemasaran produk harus dilakukan lebih gencar dengan berbagai media promosi agar masyarakat mengetahui bahwa ada sebuah produk telur asin aneka rasa yang dapat dijadikan alternatif usaha baru dari hasil peternakan telur bebek.
              Usaha telur asin aneka rasa sangat potensial untuk dikembangkan karena adanya sebuah  inovasi  baru berupa telur asin aneka rasa coklat, udang, dan bawang. Inovasi telur asin aneka rasa merupakan peluang usaha baru yang dapat dikembangkan masyarakat sebagai mata pencaharian usaha yang mempunyai prospek cukup menjanjikan karena belum ada di pasaran. Untuk pengembangan usaha dibutuhkan pengelolaan  yang profesional dan strategi pemasaran yang tepat. Proses dan biaya produksi yang tidak mahal menjadikan nilai tambah tersendiri. Direkomendasikan kepada masyaakat untuk mencoba membuat telur asin dengan aneka rasa yang lain.


REFERENSI


__________, 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Milenium. Prenhallindo, Jakarta.

­­­­­­­­­­­­­­­­­­­Kotler, P. 1991. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta

Reksohadiprodjo, S., H. Ranupandyo Dan Irawan.1990.Pengantar Ekonomi Perusahaan         Buku 2. Edisi Ke-3. BPFE-Yogyakarta
                                    

Warisno.2005. Membuat Telur Asin Aneka Rasa. PT Agromedia Pustaka, jakarta.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright © Inspirasi Bisnis Aceh Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger